Rabu, 07 Juni 2017

Khalayak Public Relations



KHALAYAK PUBLIC RELATIONS

Definisi khalayak dalam public relations adalah kelompok atau orang-orang yang berkomunikasi dengan lembaga / perusahaan / organisasi baik secara internal atau eksternal.
Perlu disadari bahwa kegiatan PR tidak diarahkan pada khalayak dalam pengertian seluas-luasnya (masyarakat umum). Kegiatan PR selalu diarahkan pada khalayak dalam artian khusus atau terbatas, yaitu pihak-pihak tertentu yang berbeda-beda, dan masing-masing khalayak tersebut juga dengan cara yang belainan pula.

Penyebaran pesan dalam kegiatan PR, dengan demikian, tidak dilakukan secara merata, layaknya penayangan iklan lewat media massa. Pemilihan khalayak dalam kegiatan PR jauh lebih diskriminatif. Artinya, bahwa pengemasan dan materi pesan antara satu segmen khalayak dengan segmen khalayak lain berbeda-beda (walaupun mereka merupakan khalayak dari satu organisasi / lembaga yang sama).

Khalayak satu organisasi / lembaga / perusahaan seringkali berbeda satu sama lain, namun kita dapat mengidentifikasi adanya sepuluh khalayak utama yang sering menjadi subjek khalayak dari berbagai macam organisasi secara umum. Kesepuluh khalayak tersebut yaitu:
  1. masyarakat luas
  2. calon pegawai atau calon anggota
  3. para pegawai atau anggota
  4. pemasok jasa  dan berbagai macam barang
  5.  para investor –pasar uang
  6. para distributor
  7. konsumen dan pemakai produk organisasi
  8. para opinion leader
  9. serikat-serikat pekerja
  10. media massa

Analisis Khalayak Public Relations

  KHALAYAK UTAMA:                                                           KHALAYAK PUNCAK:
  Media Massa:                                                                       Akademisi
  (Editor, Jurnalis,                                                                    Anak-anak           
  Reporter, Produser TV,                                                          Pesaing
  Produser Radio,                                                                    Pelanggan dan Konsumen
  Fotografer)                                                                           Distributor
                                                                                             Pengguna akhir
                                                         Media Relations              Lembaga-lembaga keuangan
  EKSTERNAL                                                                        Masyarakat luas
                                                                                             Lembg resmi bid kesehatan
     PERUSAHAAN/ORGANISASI/LEMBAGA                        Pihak internasional berpengaruh    
                                                                                             Para analis invetasi, investor
  INTERNAL                                                                          Pencipta dan pemimpin pendapat
                                                                                             Masyarakat sekitar
  Perusahaan rekanan                                                              Pemerintah daerah
  Calon pegawai                                                                      Profesi medis
  Pegawai yg sdh ada                                                              Pasar uang
  Pihak manajemen                                                                 Anggota parlemen
  Pegawai baru                                                                        Calon pegawai
  Rekanan luar negeri                                                              Pelajar/mahasiswa, guru
  Pemilik saham                                                                      Agen, Pengecer, Pemilik saham,
  Serikat pekerja                                                                     Bursa saham, para profesional
                                                                                             Asosiasi bisnis/dagang                               Serikat pekerja                                                                                              


Media Relations yang dilakukan oleh pihak Perusahaan / Organisasi / Lembaga, antara lain:
1.     Press Conference (Konferensi Pers)
Yaitu pihak lembaga –dalam hal ini diwakili oleh manajer PR- mengundang pihak pers untuk menyampaikan berita yang sangat penting. Konferensi Pers biasanya diselenggarakan oleh pihak lembaga / organisasi / perusahaan dengan penuh perencanaan layaknya mengadakan acara resepsi.
2.     Press Briefing
Pihak PRO menyampaikan informasi tentang kegiatan yang baru terjadi atau dilaksanakan di lembaga/perusahaan/organisasi pada pers. Press Briefing merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara reguler oleh PRO. Pihak pers dalam acara ini mempunyai kesempatan untuk melakukan tanya jawab. 
3.     Press Tour
Lembaga / Perusahaan mengajak pihak pers untuk mengunjungi daerah tertentu. Pada acara ini, pihak media diberi kesempatan untuk mengikuti acara yang diadakan oleh pihak pengundang. 
4.     Press Release
Merupakan siaran pers sebagai publisitas (biasa disebut dengan news release). Pihak lembaga atau perusahaan mengirimkan informasi ke media massa untuk disebarluaskan. Informasi tersebut disusun oleh praktisi PR.
5.     Special Event
Merupakan kegiatan khusus PR untuk memuaskan banyak pihak yang inmgin menambah pengetahuan. Kegiatan ini juga untuk memuaskan selera publik. Misal: peresmian gedung atau pembukaan salah satu cabang perusahaan/lembaga, peringatan ulang tahun lembaga/perusahaan.
6.     Press Luncheon
Pejabat PR mengadakan jamuan makan siang dengan mengundang wakil media, sehingga pers bis mendapat informasi tentang perkembangan lembaga / perusahaan / organisasi.
7.     Press Interview (Wawancara Pers)
Pejabat atau manajer PR menerima wakil media yang mengadakan wawancara (lebih bersifat individual), tentang keadaan dan perkembangan lembaga / organisasi / perusahaan yang diwakilinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar